Mastercard Labs untuk Informasi Inklusi Keuangan

Sebagai edisi ketujuh dalam Mastercard Innovation Hubs, Mastercard Labs untuk Informasi Inklusi Keuangan merupakan Lab pertama di Afrika, yang juga merupakan pionir yang berfokus pada Informasi Inklusi Keuangan secara eksklusif.

Dengan dukungan Yayasan Bill dan Melinda Gates, The Lab bertujuan memberikan manfaat pada lebih dari 100 juta orang dengan menyatukan inovasi Mastercard dan kemampuan Informasi Inklusi Keuangan global di bawah satu atap, dimana wawasan dan tenaga ahli lokal juga terlibat.

Mastercard Labs untuk Informasi Inklusi Keuangan merupakan bagian dari komitmen Mastercard yang lebih luas untuk menghubungkan 500 juta orang yang semula tak memiliki akses terhadap pelayanan finansial formal, melalui kerjasama antara publik-swasta dengan organisasi pemerintah. Kami meyakini bahwa bersama kami mampu meningkatkan akses terhadap layanan finansial formal,yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pertumbuhan inklusif dan pemberdayaan manusia.

Yang kami lakukan

Kami tidak membuat produk begitu saja. Kami justru menerapkan proses inovasi Mastercard dan berkolaborasi bersama staf lapangan. Hal ini membuat kami mampu belajar secara cepat, dan pada akhirnya, mampu menciptakan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pada intinya, kami memfokuskan diri hanya pada salah satu dari banyaknya isu global hari ini, yang juga merupakan bagian tak terpisahkan dari objektif bisnis Mastercard: menghubungkan dua milyar orang dewasa yang saat ini belum memiliki akses terhadap layanan finansial formal.

Solusi Pengukuran

Kami akan membuat prototype untuk ide-ide, mempelajari ide-ide yang telah terseleksi, lalu kemudian mengukur efektivitas solusi tersebut di wilayah Afrika dan beberapa pasar yang sedang berkembang. Jika seorang mitra sudah memiiki konsep yang hanya butuh pengukuran, maka kami akan memanfaatkan inovasi, brand, dan jaringan kami untuk mencapai hasil terbaik.

Bekerja bersama mitra lintas-sektor

Kami bekerja bersama mitra dari berbagai sektor : NGO, Yayasan, Dana Hibah, Institusi Finansial, Institusi Akademis, Perusahaan teknologi, operator jaringan mobile, kementerian, organisasi penelitian, dan start-up.

Menggunakan konsep kemitraan, kami memperoleh ide dan mempelajari tantangan serta kesempatan di bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, perdagangan dan kewirausahaan, sumber daya, air, sanitasi, dan lingkungan hidup. Berdasarkan jenis inovasinya, kami dapat bekerjasama dengan lebih dari satu mitra.

Ingin belajar lebih banyak atau menjadi mitra kami?

Hubungi kami

Frequently Asked Questions

Mengapa Mastercard Labs untuk Informasi Inklusi Keuangan penting?

Dengan dua milyar orang dewasa hidup tanpa akses terhadap layanan dan alat keuangan yang normal, terdapat kebutuhan mendesak bagi kami untuk mempercepat penciptaan produk dan layanan komersial bagi audiens seperti ini dalam skala global.

Mengapa Mastercard Labs untuk Informasi Inklusi Keuangan berlokasi di Afrika?

Kami percaya bahwa wilayah ini merepresentasikan beberapa Lokasi maju dalam hal implementasi dan jangkauan layanan finansial digital. Dengan adanya Lab di Kenya, kami optimis untuk mendapatkan manfaatnya secara regional dan global.

Berapa jumlah dana yang dikeluarkan Yayasan Gates dan bagaimana dana ini akan digunakan?

Melalui dana 11 juta USD selama tiga tahun dari Yayasan Bill & Melinda, Lab ini akan menghasilkan ide-ide dengan wirausahawan lokal, pemerintah, dan stakeholders di seluruh Afrika, dan secara cepat mewujudkan konsep menjadi kenyataan.

Apakah metodologi Labs dalam inovasi yang telah teruji?

Kami telah menerapkan proses yang lebih terfokus, praktis, dan teruji yang mencakup ide-ide yang luas dari evaluasi teknis dan bisnis, mengolahnya menjadi prototype, uji coba perdana, dan akhirnya eksekusi. Dalam setiap langkah yang diambil, kami mengombinasikan best practice Mastercard yang diperoleh dari pengalamannya dalam area pembayaran selama 50 tahun yang didukung oleh teknologi erdepan.

Apakah artinya tereksklusi secara finansial?

Ketika Anda terekslusi, berarti Anda tidak memiliki akses terhadap alat keuangan mendasar yang seringkali kita remehkan, seperti tabungan, pinjaman, atau asuransi. Artinya, Anda seperti terjebak dalam ekonomi uang tunai yang membuat Anda lebih rentan terhadap tindak kejahatan, serta biaya yang tentunya lebih tinggi.

Apakah strategi Mastercard untuk menjawab tantangan Informasi Inklusi Keuangan?

Pendekatan kami terhadap inklusi finansial bukanlah melalui tanggung jawab sosial perusahaan atau filantropi. Kami melakukannya dengan memanfaatkan teknologi pembayaran digital yang ada dan menerapkannya melalui kerjasama dengan pihak publik dan swasta.

Seperti apakah masa depan nantinya, jika orang orang telah terinklusi secara finansial?

Masa depan berupa ekonomi global telah menanti, dimana kita akan lebih terkoneksi secara digital, dan tidak lagi bergantung pada uang tunai. Meningkatkan Informasi Inklusi Keuangan:

  • Memperbanyak jumlah kelas menengah
  • Menciptakan kesempatan yang setara
  • Meningkatkan keterlibatan sosial dan mobilitas ekonomi
  • Mempersempit jurang pendapatan
  • Memberdayakan masyarakat