Memahami Interchange

Pelajari arti Interchange dan nilai-nilainya

Apa itu interchange?

Interchange adalah biaya yang dibayar oleh bank merchant (acquirer) untuk bank pemegang kartu (issuer) atas nilai dan manfaat yang diterima merchant ketika mereka menerima pembayaran elektronik. Hal ini memungkinkan bank-bank yang mengeluarkan pembayaran elektronik untuk memberikan nilai yang sangat besar untuk merchant, pemerintah dan konsumen.

Interchange membantu memaksimalkan nilai yang akan diterima semua stakeholder

Merchant

Merchant mendapatkan keuntungan dari pembayaran yang terjamin, peningkatan penjualan, serta biaya proses yang lebih rendah dibandingkan pembayaran kertas seperti uang tunai dan cek. Pembayaran elektronik juga membantu mereka menarik dan mempertahankan konsumen melalui pengalaman berbelanja yang cepat dan efisien.

Pemerintah

Pemerintah mendapatkan efisiensi signifikan selagi mempromosikan inklusi finansial ketika mereka mendistribusikan manfaat sosial, mengumpulkan piutang, dan mengaktifkan layanan melalui layanan pembayaran elektronik.

  • Pembayaran elektronik memberikan perlindungan terhadap penipuan dan penyalahgunaan
  • Menggunakan pembayaran elektronik untuk mendistribusikan manfaat sosial akan lebih efisien dan aman
  • Transaksi pembayaran pada ekonomi pasar gelap pada umumnya dilakukan secara tunai, yang sulit terlacak dan dicatat secara pajak, dimana pembayaran elekronik bukan merupakan cara pembayaran yang diminati

 

Konsumen

Kenyamanan dan keamanan, peningkatan kesempatan untuk laku pandai, akses untuk hadiah dan insentif, ribuan pilihan pembayaran kredit, debit, dan prabayar adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan pelanggan melalui pembayaran elektronik.

  • Pembayaran memungkinkan konsumen untuk mengakses dana mereka, dimanapun dan kapanpun
  • Interchange membantu penerbit untuk memberikan jangka waktu bebas bunga pada pengguna kartu kredit
  • Pembayaran elektronik memberikan konsumen sebuah pengalaman pembayaran yang lebih aman dan efisien--baik secara langsung, online, atau melalui aplikasi

Peran kami

Mastercard tidak mengambil keuntungan dari interchange.

Di mana tidak sepenuhnya diatur oleh pemerintah, Mastercard menetapkan suku interchange berdasarkan nilai yang disampaikan oleh bank penerbit serta manfaat dari pembayaran elektronik. Pengaturan interchange pada tingkat yang tepat sangat penting karena jika tarif interchange ditetapkan terlalu tinggi, merchant dapat memilih untuk tidak menerima kartu; dan, jika interchange diatur terlalu rendah, bank penerbit tidak memiliki insentif untuk menutupi risiko penerbitan kartu pembayaran.

Menetapkan suku pertukaran pada tingkat yang sesuai juga membantu memastikan bahwa kedua penerbit dan acquirer memberikan layanan yang mengoptimalkan efektivitas sistem pembayaran dan memacu pengembangan solusi pembayaran yang inovatif.

Tarif interchange fleksibel memungkinkan pembayaran elektronik untuk memberikan nilai maksimum dengan biaya terendah bagi merchant dan konsumen. Interchange juga mempromosikan ketersediaan kredit untuk usaha kecil dan merupakan pendorong utama untuk laku pandai ketika ditetapkan pada tingkat yang optimal.