Skip to Content

Tanggal Efektif: 11/30/2022

KESELAMATAN ADALAH INTI DARI KISAH MASTERCARD

Tujuan kami adalah untuk secara terus menerus melindungi semua orang yang terhubung dengan Mastercard. Misi kami jelas. Setiap hari, di mana saja, kami menggunakan teknologi dan keahlian kami untuk membuat pembayaran-pembayaran dan interaksi-interaksi digital menjadi aman, sederhana, dan cerdas. Baik Anda adalah konsumen, pedagang, penerbit, bisnis, atau organisasi sektor publik, Anda dapat merasa tenang karena mengetahui bahwa keselamatan dan keamanan Anda adalah prioritas utama kami, dan merupakan pusat dari semua yang kami lakukan.

Teknologi-teknologi pembayaran tidak pernah lebih aman, tetapi para penjahat tidak pernah lebih pintar dan mereka semakin dimungkinkan oleh pergeseran ke dunia digital melalui pembayaran-pembayaran digital dan interaksi-interaksi digital lainnya, yang terjadi pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, Mastercard tetap berada pada garis depan dalam hal inovasi dan keamanan untuk tetap berada selangkah lebih maju dari para penjahat dan menjaga Anda tetap aman. Seiring dengan semakin banyaknya perangkat-perangkat yang menjadi perangkat-perangkat perdagangan elektronik (e-commerce), prioritas kami adalah untuk memastikan keamanannya dengan mendorong semua inovator untuk membangun keamanan dan keselamatan sejak awal, sehingga kami dapat mengatasi tantangan dari potensi risiko-risiko dengan lebih baik.

BERBAGAI LAPISAN TEKNOLOGI MELINDUNGI TRANSAKSI PEMBAYARAN DAN INTERAKSI DIGITAL

Tidak ada peluru perak untuk melawan penipuan, sehingga kami menggunakan keamanan berlapis untuk melindungi setiap transaksi dan, di luar pembayaran, untuk melindungi para nasabah pada seluruh interaksi digital. Teknologi, proses, dan keahlian kami memungkinkan kami untuk mencegah, mendeteksi, dan menyelesaikan ancaman-ancaman sekaligus meningkatkan pengalaman yang terkait dengan perangkat-perangkat pembayaran dan interaksi-interaksi digital.

Kami telah menerapkan dan beroperasi pada empat lapisan untuk melindungi sistem pembayaran dan bisnis-bisnis nasabah kami:

  • Mencegah: Mengamankan perangkat-perangkat, data dan jaringan-jaringan secara terkoordinasi pada seluruh industri membantu mengurangi risiko penipuan secara signifikan.
  • Identifikasi: Kami bekerja untuk meningkatkan kepercayaan, karena perubahan dunia konektivitas digital menciptakan kewajiban-kewajiban baru untuk mengidentifikasikan individu-individu secara aman. Solusi-solusi identitas kami membantu kami untuk memberikan pengalaman autentikasi yang nyaris tanpa gesekan. Kami mendukung verifikasi identitas atas nama nasabah kami secara langsung pada saat itu juga (real-time) dan secara mulus (seamless). Kami menawarkan layanan-layanan identitas digital pribadi yang unik yang dapat digunakan baik oleh para konsumen maupun para nasabah.
  • Mendeteksi: Kami memanfaatkan kekuatan jaringan dan teknologi-teknologi kami untuk memantau transaksi-transaksi di seluruh dunia dan mengidentifikasi penipuan transaksi, kejahatan keuangan, kejahatan kripto, dan ancaman-ancaman siber. Rangkaian alat-alat komprehensif kami yang ditawarkan kepada lembaga-lembaga keuangan, pedagang-pedagang, dan bisnis-bisnis lainnya dapat disesuaikan dengan basis pelanggan mereka dan mencakup segala sesuatu mulai dari alat-alat kecerdasan buatan yang dirancang untuk memodelkan dan memprediksi skenario-skenario penipuan, hingga penilaian penipuan pada waktu saat itu juga (real-time) di titik penjualan, intelijen mata uang kripto, dan solusi blockchain, serta analisis kesehatan dunia maya.
  • Pengalaman: Layanan-layanan yang kami tawarkan seluruhnya difokuskan untuk menawarkan pengalaman nasabah dan konsumen terbaik - termasuk perlindungan tanggung jawab $0 global kami. Kami membangun pengalaman pembayaran tanpa gesekan dan membantu nasabah-nasabah kami untuk membedakan penawaran konsumen digital dan menghindari penolakan pembayaran jika seorang konsumen gagal memberitahukan pedagang tentang kartu pengganti. Manajemen siklus hidup pemegang kartu juga merupakan komponen penting yang kami tawarkan, yang membantu untuk memberikan cara yang lebih mudah untuk secara otomatis mengganti kartu pada arsip saat kartu baru diterbitkan.

KAMI MEMPROSES INFORMASI PRIBADI UNTUK PENCEGAHAN DAN PEMANTAUAN PENIPUAN DAN UNTUK MENYEDIAKAN SOLUSI KEAMANAN SIBER BAGI NASABAH KAMI

Untuk sebagian besar dari aktivitas-aktivitas penipuan dan keamanan kami, kami bertindak sebagai pemroses data atas nama dan berdasarkan instruksi dari lembaga-lembaga keuangan dan pedagang-pedagang. Mastercard International Incorporated dan afiliasinya (secara kolektif, "Mastercard") memproses berbagai jenis Informasi Pribadi, sebagai pengendali data, untuk melindungi Anda dari penipuan. Jika Anda berada di Wilayah Ekonomi Eropa (European Economic Area – EEA), Inggris, atau Swiss, Mastercard Europe SA adalah entitas yang bertanggung jawab atas pemrosesan Informasi Pribadi Anda. "Informasi Pribadi" berarti setiap informasi yang berkaitan dengan individu yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi. Hal ini dapat mencakup:

  • Data transaksi, skor risiko penipuan dan autentikasi, faktor-faktor risiko transaksi, kode-kode alasan risiko, data lokasi, rincian pedagang, barang-barang yang dibeli, informasi tentang transaksi-transaksi yang disengketakan dan aktivitas penipuan yang dikonfirmasi.
  • Informasi tertentu yang dikumpulkan dari blockchain, termasuk alamat blockchain, rincian transaksi mata uang kripto lainnya, dan alamat IP.
  • Informasi tertentu tentang Anda yang dikumpulkan melalui cara-cara otomatis seperti cookie dan web beacon saat Anda berinteraksi dengan iklan, aplikasi seluler, atau mengunjungi situs web, halaman, atau aset digital kami yang lain, seperti alamat IP, jenis peramban (browser), sistem operasi, pengidentifikasi unik perangkat seluler, area geografis, URL rujukan, dan informasi tentang tindakan-tindakan yang diambil atau interaksi dengan aset-aset digital kami.
  • Beberapa produk dan layanan daring kami juga menyertakan teknologi pencegahan penipuan canggih yang menggunakan data perilaku berdasarkan interaksi-interaksi perangkat Anda, seperti ID wajah, sidik jari, waktu penekanan tombol, posisi gulir, dan lokasi mouse.
  • Data yang tersedia untuk umum termasuk profil teknologi informasi dan aset-aset pemilik tunggal dan perusahaan mata uang kripto, seperti domain, data lokasi dan cookie, rincian kontak pada halaman web publik atau informasi pendaftaran domain, alamat IP tempat tinggal dalam daftar reputasi, daftar sanksi, dan penulisan intelijen yang dipublikasikan tentang ancaman keamanan siber.
  • Data verifikasi identitas seperti nama, alamat, nomor identifikasi nasional, nomor ponsel, usia, dan kewarganegaraan.
  • Data penipuan dan risiko pemilik tunggal, pemilik utama dari para pedagang, dan perusahaan-perusahaan mata uang kripto, yang dapat mencakup nama dan informasi kontak personel manajemen perusahaan, dan kode-kode alasan penipuan.

Kami memperoleh kategori Informasi Pribadi di atas dari berbagai sumber: dari lembaga-lembaga keuangan dan pedagang-pedagang, dari penyedia layanan Anda, langsung dari Anda, dari pihak-pihak ketiga sebagaimana dirincikan di bawah ini atau dari interaksi Anda dengan aset-aset digital kami.

BAGAIMANA KAMI DAPAT MENGGUNAKAN INFORMASI PRIBADI ANDA

Kami dapat menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan-tujuan yang ditetapkan di bawah ini. Kami hanya akan memproses Informasi Pribadi Anda untuk tujuan-tujuan di bawah ini ketika kami memiliki dasar hukum yang sah untuk melakukan pemrosesan sesuai dengan hukum yang berlaku, tergantung pada negara tempat Anda berada. Namun, harap diperhatikan bahwa meskipun bagan di bawah ini mungkin tidak mencantumkan persetujuan sebagai dasar hukum untuk setiap aktivitas pemrosesan, di beberapa negara persetujuan adalah satu-satunya atau dasar hukum yang paling tepat untuk pemrosesan Informasi Pribadi, dan di negara-negara tersebut kami mengandalkan persetujuan untuk seluruh aktivitas pemrosesan. Dalam kasus-kasus tertentu, persetujuan ini dapat diperoleh dari Anda atas nama kami oleh lembaga keuangan, pedagang, penyedia layanan, atau mitra lain.

Bagan di bawah ini menjelaskan aktivitas-aktivitas pemrosesan di mana kami bertindak sebagai pengendali data. Apabila kami bertindak sebagai pemroses data atas nama lembaga-lembaga keuangan, pedagang-pedagang, atau mitra-mitra lain yang beroperasi sebagai pengendali data, lembaga-lembaga keuangan, pedagang-pedagang, atau mitra-mitra lain bertanggung jawab untuk memastikan adanya dasar hukum yang sah untuk pemrosesan data. Silakan merujuk pada kebijakan-kebijakan privasi masing-masing untuk informasi lebih lanjut mengenai pemrosesan Informasi Pribadi Anda.

    Aktivitas Pemrosesan

Dasar Hukum untuk Pemrosesan (jika diperlukan berdasarkan hukum yang berlaku)

  • Melindungi Anda dan orang lain dari penipuan, insiden-insiden siber, dan memperkuat ketahanan siber dari operasi Anda, serta mengelola paparan risiko dan kualitas waralaba.
  • Anda menyetujui penggunaan Informasi Pribadi Anda; atau
  • Pemrosesan diperlukan untuk memenuhi kewajiban hukum atau kewajiban-kewajiban peraturan lainnya; atau
  • Pemrosesan diperlukan untuk penandatanganan, atau pelaksanaan dari, kontrak yang mana Anda adalah salah satu pihak darinya; atau
  • Kami, atau pihak ketiga, memiliki kepentingan yang sah dalam menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan mencegah dan melindungi dari penipuan, mengamankan jaringan kami dan transaksi-transaksi pembayaran yang kami proses.
  • Memantau dan mencegah penipuan, transaksi-transaksi yang tidak sah, klaim-klaim, dan kewajiban-kewajiban lainnya pada jaringan pembayaran kami, serta memantau dan mencegah penipuan pada blockchain sehubungan dengan mata uang kripto.
  • Anda menyetujui penggunaan Informasi Pribadi Anda; atau
  • Pemrosesan diperlukan untuk memenuhi kewajiban hukum atau kewajiban-kewajiban peraturan lainnya; atau
  • Pemrosesan diperlukan untuk penandatanganan, atau pelaksanaan dari, kontrak yang mana Anda adalah salah satu pihak darinya; atau
  • Kami, atau pihak ketiga, memiliki kepentingan yang sah dalam menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan pemantauan dan pencegahan terhadap penipuan.
  • Mengautentikasi Anda dan memverifikasi identitas Anda.
  • Anda menyetujui penggunaan Informasi Pribadi Anda; atau
  • Pemrosesan diperlukan untuk memenuhi kewajiban hukum atau kewajiban-kewajiban peraturan lainnya; atau
  • Pemrosesan diperlukan untuk penandatanganan, atau pelaksanaan dari, kontrak yang mana Anda adalah salah satu pihak darinya; atau
  • Kami, atau pihak ketiga, memiliki kepentingan yang sah dalam menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan mengautentikasi Anda dan memverifikasi identitas Anda.
  • Menjaga integritas dan keamanan jaringan-jaringan pembayaran kami.
  • Pemrosesan diperlukan untuk memenuhi kewajiban hukum atau kewajiban-kewajiban peraturan lainnya; atau
  • Kami, atau pihak ketiga, memiliki kepentingan yang sah dalam menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk menjaga integritas dan keamanan jaringan pembayaran kami.
  • Mematuhi kewajiban-kewajiban hukum, termasuk berdasarkan undang-undang anti pencucian uang yang berlaku.
  • Pemrosesan diperlukan untuk memenuhi kewajiban hukum atau kewajiban-kewajiban peraturan lainnya; atau
  • Kami, atau pihak ketiga, memiliki kepentingan yang sah dalam menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk memenuhi kewajiban-kewajiban hukum.
  • Melakukan penelitian dan pengembangan internal yang bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan operasi dan produk-produk pendeteksian, pencegahan, pemantauan penipuan, dan ketahanan siber kami.
  • Kami, atau pihak ketiga, memiliki kepentingan yang sah dalam menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan melakukan penelitian dan pengembangan internal dengan tujuan mencegah dan melindungi dari penipuan, mengamankan jaringan kami dan transaksi-transaksi pembayaran yang kami proses.
  • Menggabungkan beberapa Informasi Pribadi Anda untuk membuat model-model berbasis aturan atau kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi pola-pola penipuan atau pencucian uang di masa lalu dan yang berpotensi untuk terjadi di masa depan untuk menawarkan fitur-fitur pencegahan penipuan, AML, dan keamanan tingkat lanjut kepada lembaga-lembaga keuangan, pedagang-pedagang, nasabah-nasabah, dan mitra-mitra. Kami menggunakan pembelajaran mesin untuk menganalisis dan mengidentifikasi transaksi-transaksi penipuan atau ilegal. Penggunaan model-model ini dapat mengarahkan lembaga keuangan, pedagang, atau penyedia layanan Anda untuk membuat keputusan apakah mereka akan memverifikasi identitas Anda atau tidak atau mengotorisasi pembayaran Anda.
  • Kami, atau pihak ketiga, memiliki kepentingan yang sah dalam menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan menggabungkan Informasi Pribadi dan membuat model-model untuk mengidentifikasi, mencegah, dan melindungi nasabah-nasabah kami dan ekosistem pembayaran terhadap penipuan.

BAGAIMANA KAMI MEMBAGIKAN INFORMASI PRIBADI ANDA

Kami dapat membagikan data Anda dengan pihak ketiga termasuk lembaga-lembaga keuangan, para penyedia layanan verifikasi identitas, para penyedia layanan data penipuan, entitas-entitas pemerintahan, utilitas-utilitas, catatan-catatan publik, biro-biro kredit, arsip-arsip properti, para operator telekomunikasi, daftar pantauan, para penyedia layanan geo-visualisasi. Kami memastikan bahwa Informasi Pribadi Anda hanya digunakan untuk tujuan-tujuan di atas dengan tunduk pada perlindungan data dan kewajiban-kewajiban keamanan yang ketat melalui kontrak-kontrak kami dengan pihak-pihak ketiga tersebut.

HAK-HAK ANDA, CARA MENGHUBUNGI KAMI, DAN INFORMASI TAMBAHAN TENTANG PRAKTIK-PRAKTIK KAMI

Anda memiliki hak-hak dan pilihan-pilihan tertentu mengenai Informasi Pribadi yang kami simpan tentang Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang hak-hak Anda, untuk menghubungi kami, atau untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara kami membagikan, mentransfer, menyimpan, atau melindungi Informasi Pribadi Anda, silakan untuk membaca Pemberitahuan Kerahasiaan Informasi Pribadi secara Global (Global Privacy Notice) kami. Anda, atau pihak yang berwenang untuk bertindak atas nama Anda, dapat menggunakan hak-hak Anda yang dirincikan dalam Pemberitahuan Kerahasiaan Informasi Pribadi secara Global (Global Privacy Notice) dengan mengirimkan email kepada kami di: privacyanddataprotection@mastercard.com.

Pemberitahuan Keamanan dan Penipuan ini memberikan informasi lebih lanjut tentang aspek-aspek tertentu dari pemrosesan Informasi Pribadi yang dicakup oleh Pemberitahuan Kerahasiaan Informasi Pribadi secara Global (Global Privacy Notice) kami. Beberapa solusi keamanan dan pencegahan dan pemantauan penipuan yang disebutkan di atas mungkin memiliki pemberitahuan kerahasiaan informasi pribadi secara khusus. Silakan berkonsultasi dengan mereka untuk informasi lebih lanjut. Untuk pertanyaan-pertanyaan tentang kartu Mastercard Anda dan pembelian-pembelian Anda, silakan hubungi lembaga keuangan atau pedagang Anda. Informasi lebih lanjut tentang cara menghubungi mereka dapat ditemukan pada situs-situs web mereka.